Berita Terkini
BB Pascapanen Bantu Wujudkan Target 1000 Ha Sorgum di Wilayah Kolaka

26 Nov 2022        62
Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menargetkan penambahan lahan sorgum di wilayah Kolaka, Sulawesi Tenggara. Jika semula hanya ratusan hektare (ha), tahun 2023 ditargetkan menjadi 1.000 ha. Pemerintah optimistis target dapat dicapai.

Untuk mendukung program tersebut, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur menggandeng BB Pascapanen dalam hal pengolahan pascapanennya.

Kepala Bagian Tanaman Pangan Diman Gading mengatakan, “Seluruh Wilayah Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur mendapatkan target penanaman sorgum seribu hektar, jika petani hanya tahu menanam saja harga jualnya akan sedikit berbeda apabila setelah diolah” Ujar Diman.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami mendatangi BB Pascapanen untuk mendapatkan pendampingan dalam teknologi penanganan dan pengolahan pascapanen sorgum supaya nilai jual sorgum di petani lebih baik” Lanjut Diman.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 23 – 24 November 2022 ini dibuka oleh Koordinator Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP), Lina Marlina. Dalam sambutannya Lina mengatakan Kami senang mendapatkan kepercayaan dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur untuk pendampingan teknologi penanganan dan pengolahan sorgum ini, hal ini juga sebagai peran serta BB Pascapanen dalam mewujudkan target Kementerian Pertanian dalam perluasan lahan sorgum di Kolaka.

“Jika penanganan dan pengolahan pascapanen sorgum di tangkat petani sudah baik, maka hasil yang diperolah petani juga lebih baik” terang Lina.
      Whatsapp