Berita Terkini
BB Pascapanen Lakukan Re-Organisasi Manajemen Laboratorium

16 Agu 2022        55
Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) merupakan unit kerja di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi pascapanen pertanian. Untuk menunjang hal tersebut, BB pascapanen dilengkapi dengan fasilitas laboratorium kimia, mikrobiologi, fisik, organolaptik, nano teknologi, mutu beras dan pascapanen serelia yang telah terakreditasi SNI ISO 17025.2017 dan SNI ISO 17043.2010. Selain itu laboratorium mutu beras dan serealia BB Pascapanen telah diakui Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) sebagai laboratorium rujukan nasional.

Pada tanggal 8 Agustus 2022, BB Pascapanen melaksanakan Kaji Ulang Manajemen (KUM) Laboratorium BB Pascapanen. KUM ini dilakukan dalam rangka reorganisasi seluruh jajaran manajemen laboratorium untuk menjaga keberlanjutan implementasi sistem mutu yang ada.

Kaji Ulang Manajemen (KUM) merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai penerapan prinsip untuk memperbaiki dan meingkatkan kopetensi laboratorium secara keberlanjutan. Pelaksanaan KUM ini dilakukan secara periodik yaitu minimal 1 kali dalam setahun yang dilakukan oleh manajemen puncak organisasi laboratorium sebagai sarana untuk mengantisipasi resiko yang terjadi pada operasional laboratoum.

Kepala BB Pascapanen, Prayudi Syamsuri yang merupakan Manajer Puncak Laboratirium dalam sambutannya mengatakan, “SDM manajemen lab akan disusun ulang, hal ini dikarenakan kepindahan beberapa SDM manajemen yang lama ke BRIN”.

Prayudi juga menambahkan “Kita harus me-review kegiatan-kegiatan laboratorium sehingga bisa menjelankan layanan yang baik dan mencapai target PNBP yang sudah ditetapkan”.

Dalam kegiatan KUM kali ini ditetapkan perubahan manajemen laboratorium sebagai berikut, Manajer Puncak dijabat Kepala BB Pascananen, Deputi Manajer Puncak dijabat Koordinator KSPHP, Manajer mutu dijabat Ermi Sukasih, Deputi Manajer Mutu dijabat Dewi Rosmayati, Manajer Administrasi dijabat Kepala Bagian Tata Usaha, Deputi Manajer Administrasi dijabat Kirana Sanggrami, Manajer Teknis dijabat Koordinator Program dan Evaluasi, Deputi Manajer Teknis dijabat Winda Haliza, Manajer Lab Pengembangan dijabat Sub Koordinator Rumah Tangga dan Perlengkapan.

Selain jabatan manajemen tersebut Kepala BB Pascapanen juga menetapkan beberapa Penanggung Jawab Laboratorium seperti Laboratorium nano teknologi dijabat Kendri Wahyuningsih, Laboratorium Kimia dijabat Wahyudiono, Laboratorium Mikrobiologi dijabat Sri Usmiati, Laboratorium Fisik dijabat Sandro Pangidoan, Laboratorium Pengolahan dijabat Ira Mulayawanti, Laboratorium Penanganan Maulida Hayuningtyas, Laboratorium Bioproses dijabat Kun Tanti, dan Laboratorium Mutu Beras dijabat Beni Slamet.

Dengan adanya reorganisasi di manajemen laboratorium BB Pascapanen ini diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan laboratorium apalagi ditunjang dengan pengembangan aplikasi layanan laboratorium online yang dapat memudahkan pengguna di seluruh Indonesia.
      Whatsapp
 
Berita Terbaru