Berita Terkini
Supriati Olah Kelapa Menjadi VCO Home Industry

02 Sep 2021        30

Aceh Besar  - - Minyak Kelapa atau lebih dikenal sebagai Virgin Coconut Oil (VCO) mempunyai banyak manfaat sebagai obat herbal. Manfaat lainnya yakni dapat dijadikan sebagai penyubur rambut rontok dan bisa juga untuk pijat refleksi. Tak perlu skala industri besar, skala rumah tangga (home industry) seperti yang dilakukan Supriati juga bisa menghasilkan VCO. 

"Tahun 2015, saat Prof Hengky dari Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), penelitian di kebun bibit induk Kelapa Dalam, Lampanah Aceh Besar. Kemudian dengan bergabung dalam WAG CORINA, saya tertarik dan terinspirasi untuk mengolah kelapa untuk VCO skala industri rumah tangga," ungkap Supriati kepada tabloidsinartani.com

Supriati yang sebelumnya bekerja di Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Besar, sejak 2019 kini bergabung di Dinas Sosial, dibantu anaknya Nurul Hidayati yang sedang kuliah di Fakultas Pertanian USK Banda Aceh untuk mengembangkan VCO home industry ini. 

Selanjutnya pada tahun 2017,ia mulai mengolah kelapa menjadi VCO di Gampong Mata Ie, kecamatan Montasik Aceh Besar. Proses pembuatannya sangat mudah dengan menggunakan ember plastik dan hanya perlu diendapkan selama 24 jam.  Dalam setiap kali pengolahan minyak VCO membutuhkan kelapa sebanyak 30 buah. Kelapa dibeli dari masyarakat di kampungnya. Bila tidak cukup dia membeli di Pasar Keutapang, Aceh Besar.  Untuk pengolahan, diperlukan kelapa tua yang baik dan tidak terjemur, dengan harga Rp 3.000 per butir.

"Awalnya saya hanya ingin memperkenalkan kepada masyarakat untuk menggunakan VCO murni. Namun seiring permintaan pasar, membuka peluang untuk dijadikan bisnis skala rumah tangga. Untuk anak anak penyandang distabilitas saya berikan secara gratis. VCO digunakan untuk memijat dan dapat juga diminum," bebernya. 

Isteri dari Saifullah, mantan kontraktor ini menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan obat alami. "Pasalnya penggunaan minyak VCO tanpa efek samping dan harganya juga murah," ujarnya promosi.

Untuk menurunkan demam panas anak anak dapat dioleskan dengan bawang merah saja. Kalau untuk masuk angin cukup dicampur dengan minyak kayu putih saja. "Selain itu juga kalau diminum dapat menyembuhkan penderita diabetes dan meningkatkan imunitas tubuh," ungkapnya. 

Karena terbatas modal, Supriati hanya bisa membuat VCO kelapa hanya dalam botol ukuran 250 ml seharga Rp 50.000. Namun kedepannya akan saya kembangkan lagi sesuai kebutuhan pasar. Kalau kita pakai untuk rambut tidak berbau, bagi kaum Ibu dapat digunakan untuk menghilangkan flek di wajah," ujar Ibu tiga anak ini. 

Alumni Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama ini mengaku membuat usaha rumah tangga ingin memberikan contoh kepada kaum milenial sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Menurutnya pemanfaatan kelapa dalam yang berlimpah juga mendapatkan respon dari pemerintah dan pengusaha dari Kabupaten Simeuleu.  Dalam hal pemasaran ia dibantu oleh Nurul memposting ke akun Instagram @mont.vco yang kuliah di Agribisnis dan sedang menyusun skripsi.

Bagi Anda yang tertarik membeli VCO Home Industry ala Supriati ini bisa berkontak dengan nomor +62 813-7701-7774.
Sumber: 
https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/agri-usaha/17992-Supriati-Olah-Kelapa-Menjadi-VCO-Home-Industry

      Whatsapp