Berita Terkini
KAMI BANGGA SEBAGAI BAGIANMU

26 Agu 2021        13
Lebih dari setengah usiamu, kami hadir di rumah yang saat itu baru kau bangun di hampir seluruh negeri, dengan nama BPTP dan IP2TP

Banyak suka duka dalam tumbuh kembang dan besarkan diri di dalam habitat yang penuh nuansa lokal yang beragam di setiap penjuru.

Pesan dan harapanmu tentu sama dengan semua yang melahirkan, yaitu jadilah berguna bagi bangsa dan negara di dalam membangun pertanian dan pangan negeri.

Mungkin saat itu tidak banyak yang yakin kau mampu membesarkan kami yang banyak dan tersebar di setiap pelosok. Namun kekuatan, kehebatan dan strategimu, telah menyirnakan berbagai dugaan dan segala yang menghalangi.

Kau besarkan kami dengan asupan ilmu, karakter dan ketegaran dalam menerjang wilayah yang sulit dan luas. Kau kirimkan pengasuh dan penyelia untuk kami, agar cepat tunbuh besar dan terampil. Kau ajarkan kami pantang mundur dan tetap senyum serta ikhlas dalam mengamalkan ilmu untuk negeri dan untuk warga yang sangat terbatas dalam berbagai hal.

Pertanian spesifik lokasi kita acu dan dekati agar tugas kami yang masih tumbuh dapat disesuaikan. Rekomendasi disusun, didiskusi dengan komisi yang juga kau pilih sebagai pendamping kami di daerah. Skala pengembangan dilakukan bersama dan tetap dalam kontrolmu. Kau titip ajaran agar kami mampu berkoordinasi, bekerjasama, berkolaborasi dan bermitra karena engkau tahu bahwa kami juga bagian dari penghuni lama di dalam area kami.

Kini kami telah beranjak dewasa, rekomendasi, innovasi, dll yang kita sebarkan bersama telah hadir di seluruh negeri, pertanian telah bangkit dengan nilai tak terhingga. Ekonomi beredar dari pelosok hingga jalur utama. Petanipun sudah menjadi pelaku utama pengembang ekonomi.

Mungkin masih banyak yang tidak mengakui peran kami, sebagai bagianmu. Tapi kau tetap ada dan tak henti mendukung dan membesarkan rumah-rumah kita agar menjadi besar dan terbuka serta selalu siap menerima siapapun dan menghadapi apapun.
Mereka para warga dari berbagai kalangan telah datang dan berkunjung ke rumah besar kita.

Penentu kebijakan wilayah, palaku lintas sektor, petugas, petani dan semua warga leluasa datang dan berkomunikasi untuk bergabung bersama membangun pertanian di negeri ini.
Terima kasih BALITBANGTAN, kau tulus besarkan kami. Kadang pilu kita rasakan atas berbagai terpaan, namun senyum tetap kita berikan.
Dari kau ajarkan kami berdiri, kau pesankan "Jika kau merasa kecil dan tak mampu, maka ada kami yang sangat besar dan banyak di sekitarmu akan maju mendampingimu" Sebuah pesan yang tak pernah kulupakan itulah BALITBANGTAN, yang selalu utuh dalam kesatuan dan semboyan "Bersama Kita Bisa"

DIRGAHAYU BALITBANGTAN KE-47.
Semoga usiamu panjang dan tetap berinovasi untuk negeri. Jayalah Pertanian Indonesia.
Salam...
      Whatsapp