Kostratani dan Berita Pertanian
Kementan Gelar Pelatihan Petani Milenial Untuk Percepat Regenerasi

  11
Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan regenerasi petani. 

Salah satunya dengan menggelar pelatihan petani milenial Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), yang digelar di Jakarta, Senin (23/8).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, regenerasi serta peningkatan kapasitas petani menjadi salah satu fokus Kementan untuk saat ini.

"Upaya peningkatan kapasitas petani terus kami lakukan, terutama dalam melakukan pengembangan usaha melalui akses KUR (kredit usaha rakyat) dan optimalisasi kegiatan argobisnis perlu ditingkatkan secara berkelanjutan," ujar Mentan SYL saat membuka kegiatan pelatihan secara virtual.

Dengan alasan tersebut, Mentan SYL mengatakan pelatihan petani milenial FKPPI ini merupakan momentum yang sangat berharga. "Khususnya untuk para petani milenial dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan pertanian bagi petani milenial," tambah Mentan SYL.


Mentan SYL menambahkan, kegiatan pelatihan ini sangat penting dilaksanakan secara online dan diikuti oleh petani milenial dari seluruh pelosok tanah air. "Karena pelatihan ini akan menjadi leverage peningkatan kapasitas petani yang lebih lanjut akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian," ujar dia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menambahkan, pelatihan ini sengaja digelar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul bidang pertanian.

“Kami perlu melakukan peningkatan kapasitas SDM nonaparatur pertanian melalui pelatihan, baik secara virtual atau online maupun offline serta kombinasi keduanya," jelas Dedi Nursyamsi. Menurutnya, petani milenial FKPPI merupakan SDM pertanian yang perlu ditingkatkan kapasitasnya melalui pelatihan yang saat ini dapat dilakukan secara online.

Pelatihan petani milenial FKPPI, diikuti kurang lebih 1.500 orang peserta yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. "Para peserta ini bergabung secara online melalui zoom dan selebihnya melalui live streaming. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi petani milenial FKKPI," pungkas dia.(cuy/jpnn)


https://www.jpnn.com/news/kementan-gelar-pelatihan-petani-milenial-untuk-percepat-regenerasi
      Whatsapp
 
Berita Terbaru