Berita
Kostratani dan Berita Pertanian

News Image
 
2
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Riau tahun ini mendapat bantuan replanting kelapa 500 hektare (Ha) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. "Alhamdulillah tahun ini kita mendapat bantuan replanting kelapa seluas 500 hektare di Inhil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 melalui Kementerian Pertanian," kata Kepala Disbun Provinsi Riau, Zulfadli didampingi Sekretaris Disbun Riau, Supriadi, Senin (24/1/2022) di Pekanbaru.
News Image
 
2
Singkong merupakan salah satu pangan lokal yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan aneka ragam produk olahnya. Hal ini tentunya diperlukan sentuhan atau penanganan aspek hilirnya agar pengolahan singkong menjadi produk pangan yang naik, tidak lagi indentik dengan pangan untuk masyarakat pedesaan namun bisa naik kelas menjadi pangan yang dikonsomsi di perhotelan atau masyarakat kelas atas bahkan ekspor.
News Image
 
2
Sayuran merupakan komoditas hortikultura yang bernilai tinggi. Namun, seringkali muncul kendala dalam pemasaran sayuran apabila akan diekspor, terutama karena persyaratan batas residu bahan kimia pertanian yang ditetapkan oleh negara tujuan ekspor. Jepang adalah salah satu negara dengan standar keamanan dan kesehatan pangan tertinggi di dunia. Jepang menetapkan batas seragam residu bahan kimia pertanian untuk produk pangan dan pertanian baik hasil produksi domestik maupun impor.
News Image
 
4
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto memberikan penghargaan atas capaian penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Penghargaan tersebut diberikan Menko karena SYL sukses menyalurkan KUR dengan jumlah yang sangat besar. "Capaian penyaluran KUR kementan selama 2021 sangatlah besar, dimana tahun 2021 telah dinikmati oleh 7,5 juta debitur dan permintaannya terus meningkat," ujar Menko Airlangga yang juga sekaligus Ketua Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM, Selasa, 18 Januari 2022.
News Image
 
4
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri menyebutkan catatan kinerja ekspor pertanian selama 2021 melanjutkan tren positif yang telah ditorehkan oleh sektor ini sejak masa pandemi. "Selama pandemi, sektor pertanian berhasil menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Peningkatan ekspor pertanian pada 2021 menandakan pertanian masih tetap konsisten menjalankan peran tersebut,” kata Kuntoro, dilansir dari Antara, Selasa, 18 Januari 2022.
News Image
 
4
Kementerian Pertanian (Kementan) di tahun 2022 selain fokus meningkatkan produksi, juga gencar melakukan hilirisasi produk pangan lokal yang bernilai ekonomi tinggi. Salah satunya pengembangan produk aneka olahan singkong guna menggairahkan sektor perekonomian masyarakat pedesaan dan nasional. Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menuturkan upaya nyata untuk meningkatkan semangat petani singkong yakni menghadirkan hilirisasi. Pasalnya, komoditas singkong memiliki market oriented, sehingga menaikkan kelas singkong dan petani memperoleh nilai tambah yang luar biasa.
News Image
 
4
Mengawali tahun 2022, Kementerian Pertanian tancap gas dalam upaya melakukan peningkatan layanan publik dalam bentuk penyediaan informasi yang paripurna. Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri, Kamis, 13 Januari 2022.
News Image
 
5
Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini terus mendorong pengembangan produk hingga hilirisasi pangan lokal. Upaya ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian nasional dengan mendorong para pelaku usaha untuk berkontribusi pada peningkatan kualiatas produk olahan pangan berorientasi ekspor. Saat melakukan panen sekaligus hilirisasi kacang tanah di Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (10/1), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya menggairahkan produksi kacang tanah sebagai pangan lokal yang memiliki nilai ekonomi strategis serta dapat meningkatkan langsung perekonomian masyarakat pedesaan maupun perekonomian nasional melalui pasar ekspor.
12345