Berita
Kostratani dan Berita Pertanian

News Image
 
1
Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya menegaskan bahwa untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam 3 tahun terakhir. Pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional. #PidatoPresiden2022 #pulihlebihcepat
News Image
 
2
Indonesia menerima penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilannya mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan dengan baik. Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal IRRI Jean Balie ke Presiden Indonesia Joko Widodo. "Kami senang berada di sini untuk merayakan capaian Indonesia dalam sektor agrikultur," kata Direktur Jenderal IRRI, Jean Balie, saat menyerahkan penghargaan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8). Balie mengatakan, pencapaian Indonesia itu merupakan langkah besar untuk menciptakan ketahanan pangan nasional, terutama di tengah kondisi geopolitik global.
News Image
 
2
Repost Instagram Pak Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo : Dengan kerja keras, keringat, dan pengorbanan kita semua, Indonesia berhasil meraih penghargaan sistem pertanian-pangan tangguh dan swasembada beras tahun 2019-2021 melalui penggunaan teknologi inovasi padi. Saya bangga atas capaian ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Pertanian, para petani dan seluruh stakeholder.
News Image
 
4
Kepala Balitbangtan Prof. Dr. Fadjry Djufry, M.Si ditunjuk sebagai salah satu anggota Dewan Penasehat untuk Sistem Pangan Berkelanjutan atau Scientific Advisory Board for Sustainable Food Systems oleh Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS). Dewan Penasehat ini terdiri dari ilmuwan dan pejabat eksekutif lembaga atau universitas penelitian pertanian terkemuka di dunia.
News Image
 
8
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengadakan pelatihan teknis untuk 1 juta petani dan penyuluh pendamping program READSI pada 8-14 Agustus 2022. Pelatihan berlangsung secara luring di sejumlah lokasi, yakni Balai Diklat Teknis Pertanian Provinsi Gorontalo, BBPP Batangkaluku, Balai Diklat Provinsi Sultra, Balai Diklat Pertanian Sidera, Kabupaten Sigi, BBPP Kupang.
News Image
 
9
Survei cadangan beras nasional (SCBN) 2022 yang meliputi penghitungan ketersediaan cadangan beras di tingkat rumah tangga, penggilingan, pedagang beras, bulog, horeka, industri dan pengolahan, resmi dirilis Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Badan Pusat Statistik (BPS). "Berdasarkan hasil survei, stok beras nasional periode 31 Maret 2022 mencapai 9,11 juta ton beras. Kemudian pada 30 April 2022 meningkat 10,15 juta ton dan stok pada Juni 2022 menjadi 9,71 juta ton," ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah, Senin(8/8).
News Image
 
13
"Kalau dibandingkan kuartal II-2022.Tren pertumbuhan ekonomi tahunan meningkat secara konsisten. Kalau kita lihat polanya dari kuartal III-2021 hingga kuartal II-2022 terus mengalami pertumbuhan" JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2022 tumbuh 5,44 persen. Hal paling menarik, tiga sektor yang berkontribusi tertinggi, salah satunya pertanian. Ini terlihat dari besaran distribusi dan andil pertanian yang mencapai 12,98 persen atau tumbuh meyakinkan sebesar 1,37 persen. Tercatat faktor tumbuhnya Nilai Tukar Pertani (NTP) yang mencapai 3,20 persen berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat.
News Image
 
9
Kementerian Pertanian (Kementan) merealisasikan program optimasi lahan kering seluas 600 hektare di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Diketahui, ada 21 kelompok tani yang menerima manfaat dari program tersebut. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, optimasi lahan kering adalah upaya memaksimalkan lahan pertanian agar dapat tumbuh subur dan berproduksi. Mentan SYL menilai, sumber air menjadi hal yang utama dalam upaya pengembangan lahan.
12345678910