Berita
Kostratani dan Berita Pertanian

News Image
 
2
Kementerian Pertahanan mendapatkan apresiasi sebagai mitra terbaik Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 dalam peningkatan kinerja komunikasi satu data. Penyerahan apresiasi tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional 2021 serta peluncuran logo sensus pertanian 2021 (ST2023) sesuai standar internasional dari World Census of Agriculture 2020.
News Image
 
2
Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan RI berencana mengembangkan bawang varietas unggul Batu Ijo di daerah itu. Pengembangan ini bertujuan meningkatkan produktivitas hingga meningkatkan pendapatan petani. Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan RI, Husnain, mengatakan varietas Batu Ijo memang belum banyak dikenal. Tapi varietas ini memiliki banyak keunggulan. Seperti umbi yang lebih besar dan rasa yang tidak jauh berbeda dari bawang lokal.
News Image
 
4
Tanaman florikultura memiliki potensi ekspor yang sangat tinggi. Saat ini preferensi pasar internasional mulai berubah ke arah tanaman tropis. Hal ini memberi peluang bagi para pengusaha di dalam negeri karena Indonesia memiliki kekayaan genetik florikultura terbesar di dunia. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pengembangan industri florikultura memerlukan dukungan inovasi secara berkelanjutan berupa Varietas Unggul Baru (VUB) dan teknologi pendukungnya. Ketersediaan inovasi unggul merupakan faktor kunci dalam pengembangan pertanian, khususnya subsektor florikultura.
News Image
 
3

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura menargetkan pembangunan 2.358 kampung hortikultura yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia. Program tersebut masuk dalam kegiatan utama Ditjen Hortikultura untuk Tahun Anggaran 2022 mendatang. "Selain itu, kami menargetkan 320 UMKM Hortikultura yang terdiri dari cabai olahan, bawang olahan, buah olahan dan sayuran serta tanaman obat. Semuanya masing-masing 80 unit," ujar Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPR RI di Gedung Parlemen Jakarta, Selasa, 7 September 2021.

News Image
 
4

Tanam perdana Kopi Robusta dan Rumput Biograss Agrinak menandai resminya Kegiatan Pengembangan Pertanian Adaptif Berbasis Inovasi pada Agroekosistem Lahan Kering Iklim Kering (PETANI LKIK) di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Desa Senayan, Senin (30/8/2021).PETANI LKIK merupakan bagian program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Balitbangtan pada fase Program Penelitian Unggulan (PPU) Tahap 2 yang menyasar agroekosistem lahan kering iklim kering di NTB selain lahan kering dataran tinggi di Sumatera Barat dan lahan kering masam di Lampung.

News Image
 
3
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas dukungan dan perhatian besar seluruh anggota Komisi IV DPR RI terhadap sektor pertanian Indonesia.
News Image
 
4
Dua hal yang dibutuhkan menurut Presiden Joko Widodo agar sektor pertanian terus memberikan keuntungan yaitu meningkatkan profesionalisme dan daya saing. Menurut Presiden, keuntungan terbesar justru ada pada tahap pengolahan pascapanen. Sehingga, Presiden menyarankan agar petani juga mampu masuk ke sektor hilir, bukan hanya hulu.
News Image
 
7
Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan regenerasi petani. Salah satunya dengan menggelar pelatihan petani milenial Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), yang digelar di Jakarta, Senin (23/8). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, regenerasi serta peningkatan kapasitas petani menjadi salah satu fokus Kementan untuk saat ini.
12