Berita
Berita Terkini

News Image
 
08 Feb 2022       38
Di Indonesia siapa tak kenal nasi, makanan pokok yang berasal dari beras. Produksi beras dari gabah selalu diikuti produksi limbah sekam padi yang jumlahnya sangat banyak. Bayangkan saja dari setiap butir gabah kering giling (GKG) sekitar 20 persennya merupakan sekam. Artinya, dari produksi padi Indonesia tahun 2019 saja (54,60 juta ton GKG) dihasilkan sekam padi sekitar 10,81 juta ton yang umumnya nyaris tak bernilai. Gundukan sekam yang tinggi di belakang penggilingan padi merupakan pemandangan lumrah di sentra-sentra produksi.
News Image
 
03 Feb 2022       48
Ubi jalar dengan berbagai warna orange, ungu, putih, merupakan makanan yang dikenal luas & kaya akan nutrisi yang baik, kalori, karbohidrat, protein , serat, vitamin A,C,B6 & lainnya, juga ubi jalar kaya akan antioksidan yang melindungi tubih dari radilal bebas. Ubi jalar merupakan salah satu jenis komoditas Tanaman pangan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan makanan lezat. Tidak heran, banyak petani, UMKM, perusahaan mengembangkan komoditas tersebut Dengan berbagai vareasi olahan yang mempu
News Image
 
01 Feb 2022       24
Segenap Karyawan BB Pascapanen mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2022, tahun yang penuh kebahagiaan, kesenangan, kesehatan, kesuksesan, dan kedamaian. Gong Xi Fa Cai!
News Image
 
26 Jan 2022       36
Segenap Pimpinan dan Staf BB Balai Besar Pascapanen Pertanian mengucapkan Selamat dan Sukes atas pengukuhan Prof. Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si sebagai Profesor Bidang Bidang Budidaya dan Produksi Tanaman.
News Image
 
13 Jan 2022       134
Pertumbuhan industri dan jumlah penduduk menuntut penggunaan plastik yang sulit ditiadakan.Padahal, dampaknya tidak baik terhadap daya dukung lingkungan hidup. Melihat hal ini Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) mengeluarkan inovasi Bioplastik dari nano selulosa pati yang jauh lebih ramah lingkungan
News Image
 
10 Jan 2022       54
Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian besar warganya mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Untuk menggenjot produktivitas padi, beberapa waktu yang lalu pemerintah telah menggerakkan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan. Peningkatan produktivitas tersebut tentunya akan diikuti oleh peningkatan penggunaan input pertanian berupa pupuk dan pestisida yang selama ini terbuat dari bahan-bahan kimia.
News Image
 
06 Jan 2022       45
Styrofoam? Siapa yang tak mengenal styrofoam? Dalam keseharian kita pasti sering melihat bahkan menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan kita. Misalnya saja cup mi Instan, makanan cepat saji dan lain sebagainya. Styrofoam selain murah juga mudah dijumpai di pasaran. Namun tahukah anda dibalik kemasan yang murah dan menarik terdapat segudang bahaya yang ditimbulkan? Bahaya styrofoam ada 2 yaitu pertama pada manusia dapat memicu timbulnya kanker atau karsinogen ini terjadi jika styrofoam dicampurkan dengan makanan atau minuman pada suhu ekstrim yaitu terlalu panas dan terlalu dingan dan baha yang kedua yaitu dampak terhadap lingkungan, susah terdegradasi oleh tanah, butuh waktu 400-500 tahun untuk menguraikan 1 buah styrofoam.
News Image
 
05 Jan 2022       94
limbah pertanian sering diartikan sebagai bahan buangan/bahan sisa dari proses pengolahan hasil pertanian. Pada setiap penggilingan padi selalu kita lihat tumpukan bahkan gunungan sekam yang semakin lama semakin tinggi. Sekam padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau limbah penggilingan padi, keberadaannya eenderung meningkat yang mengalami proses penghaneuran seeara alami dan lambat, sehingga dapat mengganggu lingkungan juga kesehatan manusia. Dari proses penggilingan padi, biasanya diperoleh sekam 20 - 30%, dedak 8 - 12 %, dan beras giling • 50-63,5% dari bobot awal gabah.
12345678910