Berita
Berita Terkini

News Image
 
05 Jan 2022       163
limbah pertanian sering diartikan sebagai bahan buangan/bahan sisa dari proses pengolahan hasil pertanian. Pada setiap penggilingan padi selalu kita lihat tumpukan bahkan gunungan sekam yang semakin lama semakin tinggi. Sekam padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau limbah penggilingan padi, keberadaannya eenderung meningkat yang mengalami proses penghaneuran seeara alami dan lambat, sehingga dapat mengganggu lingkungan juga kesehatan manusia. Dari proses penggilingan padi, biasanya diperoleh sekam 20 - 30%, dedak 8 - 12 %, dan beras giling • 50-63,5% dari bobot awal gabah.
News Image
 
04 Jan 2022       131
Dedak padi merupakan hasil sampingan dari proses pengolahan padi. Dedak dihasilkan pada tahapan-tahapan proses pengupasan kulit gabah dan penyosohan beras pecah kulit. Dedak padi dapat dimanfaatkan menjadi minyak yang disebut rice bran oil. Minyak dedak memiliki mutu lebih baik dari minyak kelapa, minyak sawit maupun minyak jagung. Minyak ini memiliki nilai titik asap yang cukup tinggi yaitu 254°C dibandingkan tiga minyak tersebut. Sehingga, minyak dedak dapat digunakan sebagai minyak makan berkualitas terbaik. Minyak dedak mengandung sekitar 350 ppm tokotrienol yang termasuk ke dalam golongan vitamin E.
News Image
 
03 Jan 2022       57
Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah melebihi normal. Kondisi tersebut dipicu oleh turunnya kemampuan pankreas untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Gejala umum bagi penderita DM adalah dengan keluhan banyak minum, makan, buang air kecil, badan terasa lemas, serta penurunan berat badan.
News Image
 
31 Des 2021       42
1,3 juta ton senilai 14,4 Triliun menuju 124 Negara di dunia dari 34 pintu ekspor Indonesia berlangsung serempak, dengan acara inti terpusat di Port of Makassar, Sulawesi Selatan.
News Image
 
28 Des 2021       189
Menikmati nasi soto ayam atau nasi rawon saat mendaki gunung atau dalam kondisi darurat pasti menghadirkan sensasi rasa tersendiri. Tak perlu khawatir, saat ini kedua makanan tradisional tersebut sudah tersedia dalam bentuk Nasi Seduh Instan. Dengan diseduh air panas selama lima menit, nasi soto ayam atau nasi rawon yang lezat sudah bisa dinikmati. Nasi Seduh Instan bermerek Paspanena ini diproduksi oleh UKM Sinai di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Nasi Seduh Instan tersedia dalam kemasan paper bowl dan standing pouch aluminium foil. Di dalam kemasan nasi soto ayam dan rawon ukuran 65 gram terdapat nasi kering, daging ayam/sapi, seledri, tauge, bumbu rempah, cabai bubuk, dan dilengkapi sendok.
News Image
 
25 Des 2021       32
Semoga di hari Natal ini kita semua diberi kesempatan untuk berdoa, untuk peduli, dan untuk menebar cinta kasih bagi sesama. Kami segenap keluarga BB Pascapanen mengucapkan Selamat Natal & Tahun Baru 2022 bagi #sobatani yang merayakan
News Image
 
24 Des 2021       54
Durian merupakan buah yang sangat popular di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Namun, buah ini hanya tersedia saat musim panen seperti saat ini. Sekalipun bisa disimpan maksimal dua hingga lima hari pada suhu kamar. Sehingga, ketersediaan durian sangat terbatas. Namun kini tak perlu putus asa. Dengan teknik freeze-drying, durina dapat disimpan, bahkan diproduksi lebih lama. Proses pengolahan buah durian segar menjadi bentuk buah utuh kering memberi banyak keuntungan, yakni mengurangi biaya transportasi, praktis dikonsumsi, dan stabilitas produk terhadap mikroorganisme dan reaksi biokimia yang merugikan.
News Image
 
17 Des 2021       46
Tempe, khususnya tempe berbahan baku kedelai lokal, bisa menjadi alat untuk mengatasi stunting di Indonesia. Kandungan protein yang tinggi dengan kandungan zat besi tinggi di di dalam kedelai lokal, menjadi keunggulan tersendiri. Duta Peduli Stunting Kota Bogor, Yantie Rachim menyambut baik acara Talkshow “All About Tempeh from Local Soybeans, The Indonesian Superfood“ yang diselenggarakan Balai Besar Penelitian Pascapanen (BB Pascapanen) Badan Litbang Pertanian di Bogor, Rabu (15/12/2021).
11121314151617181920